Universitas Wahid Hasyim Semarang
SILABUS MK PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Program Akta IV (4 SKS)
Tahun Akademik 2008
Dosen : Drs. H. Fatah Syukur NC, M.Ag.
I. STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami konsep dasar Perenanaan Pembelajaran dan Mampu Menerapkannya dalam Proses Pembelajaran dengan baik
II. MATERI POKOK
1. Pengertian, dan Ruang Lingkup
2. Urgensi Persiapan dalam Proses Pembelajaran
3. Prinsip Pengembangan Persiapan Pembelajaran
4. Kinerja Guru dalam Persiapan Pembelajaran
5. Prinsip-prinsip Pembelajaran
6. Model-model Pembelajaran :
a. Model Pembelajaran Konstruktivisme
b. Model Pembelajaran CTL
c. Pendekatan Pembelajaran Tematik
d. Pendekatan Pembelajaran PAIKEM
7. Pengorganisasian Kelas
a. Desain Kelas Huruf U
b. Desain Kelas Corak Tim
c. Desain Kelas Lingkaran
d. Desain Kelas Breakout Groupings
e. Desain Kelas Chevron
f. Desain Kelas Kelompok untuk Kelompok
8. Pengembangan Teknik Pembelajaran
a. Prinsip Student Active Learning
b. Pembelajaran Partisipatif
c. Teknik-teknik Pembelajaran
9. Perencanaan Pembelajaran Pengembangan Diri:
a. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup
b. Kompetensi yang dikembangkan
c. Strategi Pengembangan Diri
10. Perencanaan Pembelajaran Life Skill:
a. Latar Belakang, Filosofi, dan Tujuan
b. PKH di Madrasarah
c. Strategi Pendidikan Kecakapan Hidup
d. Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup
11. Pembelajaran Portofolio:
a. Pengertian dan Prinsip-prinsip
b. Implementasi model portofolio
c. Langkah-langkah Pembelajaran Portofolio
12. Perencanaan Media Pembelajaran
a. Pengertian
b. Macam-macam Media
c. Penerapan dalam Pembelajaran
13. Perencanaan Metode Pembelajaran
a. Penegrtian
b. Macam-macam Metode Pembelajaran
c. Penerapan Metode dalam Pembelajaran
14. Perencanaan Evaluasi Pembelajaran
a. Pengertian
b. Jenis-jenis Evaluasi
c. Penerapan Evaluasi dalam Pembelajaran
15. Pengembangan Silabus Berbasis KTSP
16. Pengembangan RPP Berbasis KTSP
REFERENSI :
Armai Arief, Dr., M.A., Pengantar Ilmu dan Meodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Basyiruddin Usman, Drs.M., M.Pd., Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Dasim Budimansyah, Dr., M.Si., Model Pembelajaran Portofolio, Bandung: PT Genesindo, 2003.
Fatah Syukur, Drs., M.Ag., Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail, 2004.
Khaeruddin, Drs., H. M.A., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Semarang: PMDC-Pilar Media, 2007.
Nurhadi, Dr., M.Pd., Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.
Tim Depag, Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Binbaga Departemen Agama RI, 2003.
Tim Depag, Panduan Pembelajaran, Jakarta: MP3A Departemen Agama RI, 2005
Tim Depag, Panduan Perencanaan & Pengembangan Madrasah, Jakarta: MP3A Departemen Agama RI, 2005
Tim Depag, Pedoman Integrasi Life Skills Dalam Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Binbaga Departemen Agama RI, 2005.
Tim Depag, Pedoman Kegiatan Pengembangan Diri untuk Madrasah, Jakarta: Dirjen Binbaga Departemen Agama RI, 2005.
Vembrianto, ST, Pengantar Perencanaan Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 1993.
SILABUS MK PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Program Akta IV (4 SKS)
Tahun Akademik 2008
Dosen : Drs. H. Fatah Syukur NC, M.Ag.
I. STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami konsep dasar Perenanaan Pembelajaran dan Mampu Menerapkannya dalam Proses Pembelajaran dengan baik
II. MATERI POKOK
1. Pengertian, dan Ruang Lingkup
2. Urgensi Persiapan dalam Proses Pembelajaran
3. Prinsip Pengembangan Persiapan Pembelajaran
4. Kinerja Guru dalam Persiapan Pembelajaran
5. Prinsip-prinsip Pembelajaran
6. Model-model Pembelajaran :
a. Model Pembelajaran Konstruktivisme
b. Model Pembelajaran CTL
c. Pendekatan Pembelajaran Tematik
d. Pendekatan Pembelajaran PAIKEM
7. Pengorganisasian Kelas
a. Desain Kelas Huruf U
b. Desain Kelas Corak Tim
c. Desain Kelas Lingkaran
d. Desain Kelas Breakout Groupings
e. Desain Kelas Chevron
f. Desain Kelas Kelompok untuk Kelompok
8. Pengembangan Teknik Pembelajaran
a. Prinsip Student Active Learning
b. Pembelajaran Partisipatif
c. Teknik-teknik Pembelajaran
9. Perencanaan Pembelajaran Pengembangan Diri:
a. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup
b. Kompetensi yang dikembangkan
c. Strategi Pengembangan Diri
10. Perencanaan Pembelajaran Life Skill:
a. Latar Belakang, Filosofi, dan Tujuan
b. PKH di Madrasarah
c. Strategi Pendidikan Kecakapan Hidup
d. Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup
11. Pembelajaran Portofolio:
a. Pengertian dan Prinsip-prinsip
b. Implementasi model portofolio
c. Langkah-langkah Pembelajaran Portofolio
12. Perencanaan Media Pembelajaran
a. Pengertian
b. Macam-macam Media
c. Penerapan dalam Pembelajaran
13. Perencanaan Metode Pembelajaran
a. Penegrtian
b. Macam-macam Metode Pembelajaran
c. Penerapan Metode dalam Pembelajaran
14. Perencanaan Evaluasi Pembelajaran
a. Pengertian
b. Jenis-jenis Evaluasi
c. Penerapan Evaluasi dalam Pembelajaran
15. Pengembangan Silabus Berbasis KTSP
16. Pengembangan RPP Berbasis KTSP
REFERENSI :
Armai Arief, Dr., M.A., Pengantar Ilmu dan Meodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Basyiruddin Usman, Drs.M., M.Pd., Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Dasim Budimansyah, Dr., M.Si., Model Pembelajaran Portofolio, Bandung: PT Genesindo, 2003.
Fatah Syukur, Drs., M.Ag., Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail, 2004.
Khaeruddin, Drs., H. M.A., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Semarang: PMDC-Pilar Media, 2007.
Nurhadi, Dr., M.Pd., Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.
Tim Depag, Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Binbaga Departemen Agama RI, 2003.
Tim Depag, Panduan Pembelajaran, Jakarta: MP3A Departemen Agama RI, 2005
Tim Depag, Panduan Perencanaan & Pengembangan Madrasah, Jakarta: MP3A Departemen Agama RI, 2005
Tim Depag, Pedoman Integrasi Life Skills Dalam Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Binbaga Departemen Agama RI, 2005.
Tim Depag, Pedoman Kegiatan Pengembangan Diri untuk Madrasah, Jakarta: Dirjen Binbaga Departemen Agama RI, 2005.
Vembrianto, ST, Pengantar Perencanaan Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 1993.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar